Pengertian Xampp

Pengertian Xampp Menurut Para Ahli

Jika Anda asing mendengar kata XAMPP, artikel mengenai pengertian XAMPP menurut para ahli yang akan kami bahas ini semoga bisa membantu Anda memahami lebih dalam tentang apa itu XAMPP.

Tidak hanya arti, kami juga akan membahas semua yang berkaitan dengan program XAMPP. Jadi silakan Anda baca pelan-pelan hingga selesai.

Pengertian Xampp Menurut Para Ahli Ternama

Sejatinya, secara sederhana xampp diartikan sebagai sebuah perangkat lunak bebas yang mendukung sebuah sistem operasi dan merupakan gabungan dari beberapa program. Para ahli mengartikan xampp guna penulisan tugas akhir. Berikut sejumlah pendapat ahli mengenai pengertian xampp.

1. Hidayatullah

Xampp adalah sebuah web server yang mudah digunakan guna melayani tampilan halaman web yang dinamis dan dapat diakses secara lokal menggunakan sebuah web server local (localhost).

2. I Putu Agus Eka Pratama

Xampp adalah aplikasi web server yang bersifat instan yang dapat digunakan di sistem Linux maupun Windows.

3. Riyanto

Xampp adalah seperangkat atau paket PHP dan MySQL yang memiliki basis open source yang mana software-nya bisa digunakan untuk alat bantu mengembangkan aplikasi yang berbasis PHP.

4. Buana

Xampp untuk yang belum tahu. Jadi ini adalah perangkat lunak atau software. Dengan basis open source. Bisa digunakan gratis. Dapat digunakan hampir pada semua sistem operasi. Linux hingga Windows.

5. Pengembang Xampp

Xampp adalah sebuah perangkat populer yang paling terkenal dalam pengembangan PHP, yang mana aplikasi ini mudah, gratis, dan terdiri dari sejumlah perangkat seperti Apache, MariaDB, PHP, dan Perl.

Mengenal Fungsi Xampp

Pengertian Xampp Menurut Para Ahli

Xampp memiliki sejumlah fungsi utama yang perlu untuk diketahui, antara lain sebagai berikut.

  1. Dapat digunakan sebagai server yang berdiri sendiri atau local host sehingga pengguna tidak perlu menyewa server sungguhan dan internet untuk menjalankan web yang hendak digunakan.
  2. Xampp berfungsi sesuai dengan program tambahan yang disediakan di dalamnya.
  3. Xampp berfungsi dalam menerjemahkan bahasa pemrograman PHP dan Perl yang mana harus menggunakan server untuk menjalankan prosesnya.

Mengenal Fitur dan Bagian Xampp

fitur dan bagian xampp

Sama halnya dengan perangkat lunak lainnya, Xampp memiliki sejumlah fitur dan bagian yang penting untuk dipahami oleh penggunanya.

1. Fitur Xampp

Berikut sejumlah fitur Xampp yang ada di dalamnya.

Apache

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang dapat dijadikan sebagai alternatif dari server web Netscape. Apache ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi yang berfungsi untuk melayani dan memfungsikan situs web.

MySQL

MySQL sendiri adalah singkatan My Structured Query Language. Program ini sendiri dapat berjalan sebagai server yang menyediakan multi-user untuk mengakses ke sejumlah database. Pada umumnya, program ini digunakan oleh perangkat lunak bebas yang membutuhkan fitur penuh dengan sistem manajemen database layaknya WordPress. Bahkan, program ini juga digunakan dalam skala yang sangat tinggi World Wide Web hingga produk Google dan Facebook.

PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman script yang banyak digunakan untuk memprogram situs web dengan dinamis. Meski, tidak menutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lainnya. Contoh yang paling populer dari aplikasi PHP ini adalah phpBB dan MediaWiki.

2. Bagian-Bagian Xampp

Xampp terbagi menjadi beberapa bagian penting, antara lain sebagai berikut.

Htdocs

Htdocs merupakan sebuah folder yang digunakan untuk menyimpan berkas seperti PHP, HTML, dan script yang berguna dalam sebuah halaman website. Berdasarkan kapasitas penyimpanan, Xampp bergantung pada seberapa besar kapasitas harddisk yang ada di laptop atau komputer Anda. Sedangkan, jika menggunakan hosting online maka tergantung pada saat pembelian hosting.

phpMyadmin

phpMyadmin merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk mengelola database MySQL yang ada di dalam komputer atau laptop. Agar dapat mengaksesnya, Anda harus membuka browser internet dan masukkan alamat http://localhot/phpmyadmin.

Control Panel

Control panel merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk mengelola Xampp baik mengontrol start atau stop Xampp dan juga layanan lainnya secara online baik dalam hosting atau VPS.

Artikel Terkait: Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Membahas Seputar Kelebihan dan Kekurangan dari Xampp

Setelah membahas pengertian, fitur, dan bagian Xampp. Rasanya belum lengkap jika Anda belum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Xampp berikut.

1. Kelebihan dari Xampp

Berikut beberapa kelebihan dari Xampp.

  • Database Storage Engine banyak digunakan oleh programmer terlebih web developer karena bersifat gratis. Khusus yang expert, sudah ada yang membayar.
  • Kemampuannya dapat diandalkan, memiliki kapasitas yang mumpuni sekitar 60.000 tabel dengan jumlah record mencapai hingga 5.000.000.000 bahkan sudah ada yang lebih untuk versi terbarunya.
  • Keamanan datanya bisa dibilang cukup aman meski belum sehebat Postgre.
  • Engine ini sendiri berbasis multiplatform sehingga mampu diaplikasikan di berbagai sistem operasi. MySQL sangat cocok diaplikasikan di kelas kecil atau menengah.
  • Kelebihan yang utama dari MySQL adalah kecepatannya dalam engine.

2. Kekurangan dari Xampp

Berikut beberapa kekurangan dari Xampp.

  • Tidak cocok digunakan untuk menangani data dalam jumlah yang besar. Baik dalam menyimpan atau memproses data.
  • Terbatas dalam kemampuan kinerjanya pada server ketika data yang disimpan melebihi batas maksimal kemampuan daya tampung server akibat tidak menerapkan konsep Technology Cluster.

Sekarang, Anda sudah memahami seputar Xampp bukan? Banyak informasi yang harus Anda ketahui seputar perangkat lunak ini. Dengan begitu, Anda bisa memilih untuk menggunakannya atau tidak.

Itulah pembahasan singkat tentang pengertian Xampp menurut para ahli, fitur, bagian, dan juga kelebihan serta kekurangannya. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, menghapus aplikasi Xampp ketika sudah tidak digunakan lagi tidak akan berpengaruh dan menimbulkan masalah apapun. Namun semua data yang berkaitan dengan sistem operasi ini akan dihapus secara keseluruhan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *