Pengertian Teks Deksripsi

Pengertian Teks Deksripsi: Struktur dan Jenisnya

Pengertian Teks Deksripsi – Saat belajar pelajaran bahasa Indonesia, kita dikenalkan dengan berbagai jenis teks yang harus dipahami engan baik agar dapat menyusun sebuah peristiwa atau fenomena. Salah satu jenis teks yang diajarkan adalah teks deskripsi.

Pengertian teks deksripsi adalah teks yang memiliki gagasan utama untuk dikembangkan secara jelas.

Jadi, dapat dikatakan jika pengertian teks dekripsi merupakan paragraph yang menggambarkan secara jelas mengenai sebuah peristiwa, tempat, ataupun objek yang menjadi topik bagi pembaca.

Teks deskripsi harus digambarkan dengan jelas agar pembaca bisa mengetahui dan merasakan langsung sesuai dengan apa yang dijelaskan pada teks tersebut.

Jadi, penulis bisa menyampaikan hal-hal yang ingin disampaikan ke pembaca dan pembaca dapat memahami teks tersebut dengan mudah.

Secara umum, penulis sering menjelaskan teks dengan menggunakan sebuah ilustrasi, seperti warna, rasa, keadaan, maupun kesan sesuai dengan topik.

Pembahasan Pengertian Teks Deksripsi

Struktur Teks Deskripsi

pengertian teks deskripsi
cloudfront.net

Terdapat tiga struktur utama yang harus dipahami agar bisa membuat teks deskripsi dengan baik. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai tiga struktur teks deskripsi.

  • Identifikasi

Pada tahap identifikasi, penulis perlu menentukan berbagai elemen yang nantinya akan ditulis pada teks deskripsi dan sesuai dengan topik yang sudah dipilih.

Penulis akan mengidentifiksi tokoh yang munucl pada teks, benda, peristiwa, dan juga tempat sebagai bagian dari objek yang nantinya akan dideskripsikan.

  • Klasifikasi

Selanjutnya penulis akan menentukan penyusunan kalimat sesyai dengan kaidah kebahasaan dan juga standar yang sudah ditetapkan.

Teks deskripsi dibuat secara sistematis dengan tujuan agar penulis menjadi lebih mudah ketika menulis gagasan yang akan disampaikan pada tulisannya.

  • Deskripsi

Pada bagian deskripsi, penulis akan membuat gambaran yang nantinya akan dibahas dalam teks deskripsi. Saat membuat pemaparan, objek yang ada pada topik dapat ditulis supaya lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Ciri-Ciri Teks Deskripsi
oxy.edu

Untuk lebih paham tentang teks deskripsi, maka Anda dapat mengetahui ciri-ciri teks deskripsi terlebih dahulu. Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri teks deskripsi.

  • Menggambarkan sesuatu, bisa berupa tempat, fenomena, dan lainnya.
  • Topik berupa objek yang bisa digambarkan dengan jelas dan melibatkan berbagai indera, sendiri pendengaran, penglihatan, penciuman, dan sebagainya.
  • Membuat pembaca dapat merasakan seolah-olah sedang berada pada cerita tersebut sehingga dapat terbawa suasana saat membacanya.
  • Banyak ditemukan kata sifat yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menggunakan frasa yang berkaitan dengan kata benda.
  • Mengandung kata keterangan yang bertujuan memberi informasi tambahan tentang objek.
  • Menggunakan bahasa kiasan, seperti metafora atau perumpaan.
  • Memaparkan ciri-ciri objek mulai dari bentuk, warna, ukuran, hingga kepribadian secara lebih rinci.

Jenis Teks Deskripsi

Terdapat dua jenis teks deskripsi yang perlu Anda ketahui antara lain sebagai berikut.

  1. Paragraf Deskripsi Sugestif

Paragraf sugestif merupakan karangan yang dapat menciptakan penghayatan terhadap objek yang digambarkan lewat imajinasi dari para pembaca.

Jenis paragraf ini biasanya menggambarkan pengalaman atau peristiwa yang menciptakan interpretasi dari pembaca. Kata-kata yang banyak digunakan adalah kata sifat yang menggambarkan objek tersebut.

  1. Paragraf Deskrisi Ekspositoris

Paragraf deskripsi ekspositoris merupakan paragraf yang ditulis utnuk membuat pembaca dapat mengenali objek yang akan ditemukan atau diliat secara langsung.

Paragraf ini menjelaskan berbagai unsur yang berkaitan dengan objek agar dapat menambah wawasan pembaca.

Untuk bisa memahami teks deksripsi ini, maka penulis akan menjelaskan satu persatu sesuai dengan tahapan dari objek yang akan ditulis.

Itulah Pengertian Teks Deksripsi, untuk selanjutnya kita akan membahas mengenai contoh teks monolog. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *