Pengertian Peta Minda

Pengertian Peta Minda dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Pengertian Peta Minda – Pada dasarnya, banyak metode atau teknik yang bisa diterapkan guna membantu kegiatan keseharian baik bekerja, sekolah, bisnis dan lainnya. Salah satunya adalah pemetaan pikiran atau yang lebih akrab disebut mind map. Metode berfikir ini lebih kepada pemetaan gagasan serta konsep yang diusung dengan lebih sistematis.

Mind map merupakan teknik yang sangat populer dalam memvisualisasikan ide-ide menarik dan baru. Pola berfikir ini memberi penjelasan terhadap objek tertentu agar mudah diingat, dengan menggunakan bagan, grafik atau diagram.

Peta tersebut, selanjutnya memvisualisasikan fikiran melalui kolaborasi yang lebih nyata. Untuk lebih dalam memahami tentang peta minda, artikel ini akan membantu Anda memahami pengertian peta minda serta struktur dasar yang ada di dalamnya.

Perkembangan dan Pengertian Peta Minda

Dalam sejarah perkembangannya, peta minda dipopulerkan langsung oleh seorang penulis sekaligus konsultan pendidikan asal Inggris, Thony Buzan pada tahun 1970-an. Ide berfikir ini, tak datang sendiri, melainkan terinspirasi dari Leonardo da Vinci serta Albert Einstein.

Selama pengamatannya di tahun 1971, Buzan menggali pertanyaan perihal mengapa banyak komputer manual dengan pemakaian ribuan lembar untuk bisa beroperasi, sementara manusia sebagai pembuat dan makhluk berfikir bisa lebih hebat.

Tanpa metode manual, manusia mungkin untuk merekayasa tindakannya untuk mengubah dunia. Perbedaan inilah yang dijadikan Buzan sebagai landasan berfikir tentang kemampuan mengeksplorasi daya pikir manusia, dengan mengembangkan potensi hingga lahir peta minda.

Manfaat Peta Minda

Pengertian Peta Minda

Jika menilik kepada manfaatnya, peta minda menjelaskan perihal peta pikiran yang bermanfaat guna meningkatkan daya ingat, produktivitas serta kreativitas yang saling berkaitan.
Selanjutnya, membebaskan diri melalui seluruh aturan dengan belajar, meringkas, membuat rencana, memberi efek menyenangkan serta merangsang otak kiri dan kanan agar bekerja dengan cara yang lebih maksimal.

Sejumlah peneliti psikologi kemudian mengemukakan jika peta pikiran, mungkin untuk meningkatkan kreativitas dengan cara membantu otak mempertimbangkan pendapat dari pelbagai perspektif.Hal inilah yang menyebabkan, mengapa peta pikiran juga merupakan salah satu teknik efektif dalam pengambilan keputusan.

Selain itu, juga memahami konsep secara dasar dan kompleks untuk memberi solusi dan jalan keluar yang tepat. Menyaring pendapat misal saja, membantu sudut pandang lebih luas agar keputusan yang diambil lebih objektif.

Peta pikiran sangat mungkin untuk dibuat dengan metode online maupun offline. Untuk offline, bisa menggunakan media spidol, bolpoin warna, pensil warna hingga membuat hasil peta pikiran bisa dibaca dengan warna berbeda.

Media online di sisi lain bisa memanfaatkan aplikasi gratis sebagai uji coba standar yang selanjutnya berbayar.

  • Bagaimana Membuat Mind Mapping?

Sebagai alat serta landasan berfikir utama, metode ini mencerminkan cara kerja alami terhadap otak manusia. Kemampuan berfikir dan pemecahan masalah bisa dilakukan dengan berfikir otomatis dan terstruktur.

Untuk lebih detail, berikut ini cara pembuatan mind mapping:

  1. Menentukan bahan bacaan, kemudian menyesuaikan tema yang tepat untuk kemudian dipelajari.
  2. Menyusun pelbagai konsep yang relevan.
  3. Menyusun konsep berdasarkan inklusif yang paling dominan hingga yang inklusif yang paling tidak dominan.
  4. Menyusun pelbagai konsep dengan penempatan yang paling inklusif, kemudian bergerak menuju konsep-konsep lain yang berbeda.
  5. Menghubungkan pelbagai konsep yang memiliki hubungan dengan garis juga kata penghubung yang berkaitan.

Lebih jauh perihal metode peta konsep juga pemecahan masalah melalui solusi yang tepat. Peta minda diatasi melalui cara berfikir radial, serupa batang pohon lengkap dengan cabang dan ranting di dalamnya.

Sebuah masalah atau ide pokok juga digambarkan sebagai batang pohon, kemudian cabang-cabang tersebut digambarkan sebagai solusi alternatif yang aman. Hal inilah yang dijadikan dasar sebagai metode pemecahan masalah.

Baca Juga: Ragam Alat Komunikasi Tradisionla dan Modern

Kelebihan dan Kekurangan Peta Minda

Dalam penetapan peta minda, terdapat keunggulan dan kelemahan yang sebenarnya bisa dianalisa. Analisis inilah yang kemudian dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam penggunaan kerangka berfikir. Berikut ini kelebihannya.

  1. Peta minda melihat gambaran umum dari tiap masalah sekaligus menganalisa informasi secara mendalam.
  2. Peta minda bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam hal imajinasi, konsentrasi, pembuatan catatan, mengingat sekaligus menyelesaikan masalah yang ada.
  3. Merangsang sisi negatif seseorang menggunakan garis lengkung. Garis ini, berfungsi untuk melihat sesuatu dengan lebih objektif dan mendalam.
  4. Membantu seseorang dalam membuat catatan menarik dalam kurun waktu yang singkat.
  5. Memaksimalkan otak kanan dan otak kiri, peta minda juga bekerja dengan gambar, kata-kata sederhana dan varian warna.
  6. Metode pembelajaran atau menangkap suatu persoalan lebih efektif dan efisien. Hal ini lantaran peta minda bekerja dengan mencari dasar otak, beda dan tidak tersusun secara sistematis, serta lebih bercabang sebagaimana perumpamaan sebuah pohon.
  7. Sangat mempermudah proses recall kepada setiap materi atau dasar masalah yang dipelajari.
  8. Sangat mendukung untuk meningkatkan daya kreativitas melalui gambar, warna serta pola yang menarik.
  9. Mempertajam analisa serta logika seseorang. Hal ini terjadi karena sistem penerapan peta minda tersusun secara runut dan baik. Selain itu, juga terkait dengan pemahaman, kreatifitas yang menghubungkan sub topik dan topik utama.

Selain itu, peta minda juga memiliki kelemahan yang sangat mudah terlihat meski tak kompleks keunggulannya. Misal saja, tidak semua orang tertarik melalui pola pikir yang demikian, karena menuntut pikiran analitis yang mendalam.

Selain itu, tak semua orang mampu berpikiran logis terlebih dengan menyamakan sudut pandang yang demikian. Untuk memahami pengertian peta minda, perlu memberikan struktur yang jelas dan mudah dipahami.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *