Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Sebagai salah satu perangkat teknologi yang mendukung aktivitas harian, komputer menjadi salah satu kebutuhan utama baik dalam hal penyimpanan data atau kebutuhan teknologi yang berkaitan. Terkhusus pada sektor pendidikan maupun bisnis, seluruhnya membutuhkan perangkat tersebut sebagai akses utama yang multitasking.

Nah, untuk lebih dalam mengenal komputer termasuk software pendukungnya, berikut ini pengertian komputer menurut para ahli. Seluruhnya memiliki pandangan yang berbeda dengan beberapa komponen atau sudut pandang yang juga

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Meski serupa, beberapa ahli memiliki pandangan umum yang berbeda terkait dengan definisi komputer berdasarkan fungsinya.

1. C. Hamacher, Z.G. Vranesic dan Z.G. Zaky

Hamacher, Vranesic, & Zaky (dalam Wimatra dkk, 2008) menyebut jika komputer sebagai mesin penghitung elektronik cepat serta dapat menerima informasi input dalam bentuk digital. Proses yang dijalankan pun, selaras dengan program yang disimpan pada memori untuk menghasilkan informasi (output).

2. American Standard Institute

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Lebih rinci dalam buku yang disusun Wimatra dkk (2008) dikatakan, jika American Standard Institute menyebut komputer sebagai pemroses data. Sistem kerjanya menghitung dalam skala cepat dan besar, termasuk perhitungan aritmatika besar serta operasi logika tanpa intervensi manusia dalam sistem operasi dan proses yang berjalan.

3. Wimatra, dkk (2008)

Masih dalam buku yang sama oleh Wimatra dkk, dimana Ia memandang komputer sebagai sistem perangkat elektronik yang bertujuan mengolah dan memproses data untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat.

Selain itu, komputer juga memiliki sejumlah elemen yang memungkinkan kinerja administrasi jauh lebih mudah. Sebut saja brainware, pelengkap hardware serta software atau perangkat lunak di dalamnya.

4. Arif Susanto

Serupa dengan sebelumnya, Susanto berpendapat jika komputer merupakan alat elektronik yang menyusun perintah untuk input. Di dalamnya, terdapat perintah input serta peralatan output yang mendukung informasi yang kemudian bekerja secara otomatis.

Secara latin, komputer berasal dari kata computare yang berarti menghitung. Mulanya, kata tersebut ditujukan agar pengguna menghitung aritmatika baik berupa manual atau dengan alat bantu.

5. Robert H. Blissmer

Robert H. Blissmer

Berikutnya adalah pandangan menurut Blissmer, yang menjelaskan jika komputer merupakan alat elektronik yang bertugas menerima input-an, memproses sesuai program juga menyediakan output berupa informasi yang lebih detail.

6. Donald H. Sanders

Dalam paper Susan (2009), dimana Donald H Sanders juga mengemukakan pendapatnya perihal komputer. Dalam paper tersebut, Sanders menyebutkan jika komputer merupakan sebuah sistem elektronik guna memanipulasi data dengan cepat dan tepat.

Berikutnya, dirancang dan dikelompokkan secara otomatis agar menerima serta menyimpan data yang dimasukkan. Hasilnya nanti berdasarkan proses berdasarkan pengawasan langkah serta instruksi setiap program. Proses inilah yang menghasilkan data untuk disimpan di dalam memori (stored program).

7. William M. Fouri

William M Four di dalam bukunya bertajuk Tool of Business, menyebut jika komputer merupakan alat pemroses data (data processor) yang memungkinkan perhitungan cepat dan kapasitas yang besar. Perhitungan tersebut mencakup sejumlah segmen macam aritmatika hingga operasi logika, sistem ini tidak menyertakan campur tangan manusia di dalam seluruh prosesnya.

8. Gordon B Davis

Gordon B Davis ilmu komputer

Buku bertajuk Introduction to The Computer menjelaskan, jika komputer merupakan tipe khusus dari suatu alat penghitung uang yang memiliki sifat pasti dalam proses kerjanya.

9. Elias M.Awad

Elias M Awad memandang komputer sebagai satuan alat hitung yang memiliki manfaat dan fungsi guna memproses data, untuk kemudian disajikan ke dalam bentuk data dengan mode digital yang sistematis dan terinci.

10. Long dan Nancy Long

Long dan Nancy Long menganggap komputer sebagai alat hitung elektronik yang mendukung, menginterpretasikan serta melaksanakan perintah. Instruksi ini akan diterima dengan menjalankan perintah program baik input, output, perhitungan juga operasi-operasi logik yang berkaitan.

11. Williams Sawyer

Sedikit berbeda dengan Williams Sawyer, yang memandang komputer sebagai mesin atau alat multifungsi. Tujuannya, untuk melakukan pemrograman, diprogram untuk menerima beberapa data berisi fakta berisi gambar kasar. Selanjutnya, memanipulasi data yang ada menjadi informasi yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya.

12. Jhon J. Longkutoy

Terakhir adalah pandangan dari ahli bernama Jhon J Longkutoy yang memandang komputer sebagai mesin pemecah masalah, sekaligus alat uang mengolah data untuk kemudian menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan agar bermanfaat bagi penggunanya.

Baca Juga: Daftar Distro Linux Paling Ringan dan Stabil

Definisi Dasar Komputer

Dari serangkaian definisi para ahli di atas, ada beberapa hal yang bisa disimpulkan sebagai intisari dan fungsi dari komputer. Berikut di bawah ini definisi komputer yang kami rangkum dari para ahli.

  • Komputer secara dasar merupakan suatu mesin elektronik yang mempunyai fungsi utama untuk menjalankan proses penghitungan atau to computer.
  • Komputer juga membutuhkan perangkat brainware, hardware serta software sebagai elemen dasar dari suatu komputer. Sistem kerja kemudian akan mengolah, memanipulasi serta merubah sebagian atau seluruh data menjadi informasi yang bermanfaat.
  • Komputer memungkinkan untuk menyajikan output berisi informasi ke dalam bentuk analog juga bentuk digital.

Itulah beberapa pengertian komputer menurut para ahli yang bisa dikenali berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Komputer pada dasarnya dapat digunakan berdasarkan kebutuhan masing-masing, dengan memanfaatkan perangkat lunak maupun perangkat keras yang tersedia.

Dalam kondisi berbeda, kelengkapan perangkat komputer juga bisa tergantung pada harga. Semakin tinggi harga, maka fungsi yang bisa dijalankan juga semakin besar. Di luar dari itu, setiap perangkat komputer pasti memiliki kemampuan dasar dalam pengolahan dan penyimpanan data.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *