Pengertian Hardware dan Software

Pengertian Hardware dan Software Serta Perbedaanya

Pengertian Hardware dan Software – Dalam dunia komputer, istilah perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) pasti tak lagi asing. Istilah tersebut merupakan bagian dari perangkat komputer sebagai penunjang utama dalam sistem operasi.

Seluruh komponen komputer itulah, yang kemudian disebut sebagai perangkat komputer. Lebih dalam, artikel ini akan membantu Anda memahami lebih jauh perihal komputer serta perbedaan software dan hardware yang ada di dalamnya.

Komputer sendiri merupakan perangkat yang saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama dalam pengolahan dan penyimpanan data. Setiap komponen jelas memiliki peran yang sangat penting, untuk menunjang kerja komputer selanjutnya.

Baik software maupun hardware, keduanya merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan akan saling terhubung dalam sistem kerjanya. Tanpa kedua komponen tersebut, maka desktop komputer tidak akan berfungsi dengan baik sebagaimana seharusnya.

Pengertian Hardware dan Software

Tak hanya seputar perbedaan software dan hardware, artikel ini juga akan membahas secara mendalam mengenai fungsi dan contoh kedua perangkat tersebut dengan kompleks.
Sederhananya, software dan hardware diibaratkan sebagai kesatuan tubuh manusia yang saling terhubung, hardware berfungsi sebagai organ tubuh yang bergerak dengan fungsi masing-masing. Sementara itu, software adalah “ruh” yang melekat pada organ.

Apabila pada tubuh manusia tidak memiliki keduanya, maka jelas tubuh manusia tidak akan bisa bergerak dan hidup sebagaimana seharusnya. Komponen ini jugalah yang membuat perangkat komputer berjalan untuk menyimpan dan mengolah data sesuai instruksi.

1. Pengertian Perangkat Keras (Hardware)

Pengertian Hardware dan Software

Sebagaimana namanya, hardware adalah perangkat keras yang berada pada sebuah perangkat komputer. perangkat ini berfungsi sebagai media yang mengolah data yang telah dimasukkan ke dalam operator.

Selanjutnya, data tersebut bakal diproses dan berubah menjadi data output berisi informasi kepada penggunanya.

Dari pengertian di atas jelas, jika hardware menjadi eksekutor yang bakal memasukkan data dengan detail. Ia akan bekerja sebagai mesin pengolah data, serta menampilkan hasil input berdasarkan program yang ada.

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras memiliki tiga jenis yang berbeda yakni masukan (input), keluaran (output) serta pemrosesan (process). Untuk memahami lebih detail mengenai jenis ketiganya, berikut ini penjabarannya:

  • Input Hardware: merupakan perangkat keras yang dimanfaatkan untuk memasukkan data pada komputer. Contoh: Keyboard, Web Cam, Scanner, Mouse, Microfon, dan lain-lain.
  • Process Hardware: merupakan kumpulan perangkat keras yang berguna untuk mengolah data, berdasarkan pada instruksi yang diberikan dari operator dengan cara Input Hardware. Contoh: Central Processing Unit (CPU).
  • Output Hardware: jenis ini berperan sebagai perangkat yang memperlihatkan data hasil olahan dari Process Hardware. Contoh: Monitor, speaker dan printer.

2. Pengertian Software (Perangkat Lunak)

Pengertian Software

Perangkat lunak merupakan istilah yang digunakan pada data yang sebelumnya telah diformat lalu disimpan ke media penyimpanan berbentuk digital. Pelbagai macam program yang di-install pada komputer tersebut, juga masuk dalam kategori software atau perangkat lunak.

Selain itu, ada juga sistem operasi yang dijalankan pada perangkat komputer yang sesuai. Pada dasarnya, software berfungsi untuk mendukung perangkat keras bekerja. Operator yang menggunakan software, selanjutnya memberi instruksi terhadap hardware lalu bekerja berdasarkan perintah yang diberikan.

Singkatnya software berperan sebagai pendukung atau sistem operasi pada perangkat komputer. Ia akan mengatur serta mengendalikan perangkat keras agar berjalan dengan lebih maksimal. Perangkat lunak juga akan menerjemahkan seluruh instruksi berdasarkan bahasa mesin untuk diterima perangkat hardware.

Perangkat ini harus mengidentifikasi program berjalan. Serupa dengan hardware, software juga terbagi ke dalam tiga jenis yang bisa dibedakan berdasarkan fungsinya.

  • System Software: merupakan software yang dirancang serta dikembangkan, untuk mengontrol hardware. Contoh: driver perangkat serta sistem operasi.
  • Application Software: termasuk dalam perangkat lunak yang digunakan, untuk menyimpan serta mengolah data di dalam komputer. Contoh: Adobe Photoshop, Microsoft Office, Corel Draw dan lain-lain.
  • Malware: software ini adalah bagian dari perangkat lunak yang diperuntukkan untuk merusak sistem komputer dengan sengaja. Malware juga umum untuk digunakan, sebagai alat guna mencuri data. Contoh jenis Malware ini misal saja trojan dan virus.

Perbedaan dengan Brainware

Meski tidak memiliki hubungan yang sangat berkaitan seperti hardware dan software, brainware juga memiliki peran dalam penggunaan dan operasi komputer. Brainware adalah pengguna atau dengan kata lain campur tangan manusia untuk kemudian menjalankan komputer sebagaimana mestinya. Brainware lah yang kemudian bakal memaksimalkan kerja perangkat. Berikut ini pembagiannya:

  • Programmer: Orang yang membuat program atau aplikasi yang dipergunakan pada perangkat komputer.
  • Operator: Orang yang melakukan sebuah program atau aplikasi yang dipergunakan dalam sistem atau perangkat komputer sesuai petunjuk yang diberikan.
  • Teknisi: Orang yang menguasai dengan serta bertanggungjawab terhadap maintenance juga segala masalah yang terdapat pada komputer.
  • Trainer: Orang yang memahami dan tahu seluruh pengetahuan dan ilmu tentang komputer serta mengajarkan kepada orang lain.
  • Desainer Grafis: Orang yang pandai dalam membuat produk grafis dari perangkat komputer.
  • Sistem Analis: Orang yang bertugas untuk menganalisa produk berisi program aplikasi komputer untuk selanjutnya dipastikan performa serta hasil kerjanya.
  • Database Administrator: Orang yang bertanggungjawab mengatur serta mengelola seluruh database.
  • Teknisi Jaringan: Orang yang pandai dalam hal jaringan pada perangkat komputer.
  • Projek Manager: Orang yang bertanggungjawab sebagai pimpinan juga orang yang harus mengontrol suatu proyek tertentu.
  • Konsultan: Orang yang memberikan konsultasi atau saran terhadap suatu hal dalam bidang tertentu yang berkaitan.

Itulah pengertian hardware dan software serta contoh dan fungsi yang dapat dikenali. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *