person in gray t shirt and blue denim jeans sitting on brown clay pot

Tiga Langkah Membuat Taman Cantik Di Rumah Minimalis

Tips membuat taman cantik – Perumahan lengkap dengan taman merupakan dambaan banyak orang, termasuk Anda bukan? Namun, beberapa gaya rumah tidak bisa cocok dengan sembarang desain taman, misalnya rumah minimalis. Anda tidak ingin taman Anda terlihat seperti bagian terpisah dari rumah kan?.

Lalu, bagaimana cara membangun taman minimalis di depan rumah agar terlihat indah dan asri? Apa yang perlu Anda perhatikan? Apa saja trik yang perlu diterapkan? Silahkan lanjut baca artikel ini.

Mengukur Area yang Tersedia dengan Akurat

floor plan on table

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghitung dan mengukur luas area taman minimalis di depan rumah. Perhitungan luas taman menjadi penting karena akan mempengaruhi penentuan konsep dan tema taman minimalis di depan rumah. Tidak hanya itu, dengan mengetahui luas lahan akan lebih mudah untuk menentukan jenis dan jumlah tanaman yang tepat.

Jika luas taman minimalis depan rumah memiliki ruang yang cukup luas, Anda bisa menempatkan beberapa jenis tanaman hias yang dilengkapi dengan kolam. Namun jika ruangnya minim, Anda bisa menerapkan konsep taman vertikal dengan memanfaatkan dinding di halaman depan rumah. Karena tidak tepat jika lahan yang sempit ditanami bunga dan tanaman hias.

Baca juga : 9 Rekomendasi Keramik Dinding Dapur Minimalis dan Elegan

Temukan Inspirasi dari Internet dan Konsultasikan dengan Ahli

Setelah menghitung luas area taman minimalis di depan rumah, Anda bisa membuat desain dan konsep taman. Jika lahan taman memiliki ruang yang cukup untuk ditempati selain tanaman, Anda bisa menambahkan kolam dengan shower, atau kursi taman untuk menciptakan kesan penuh. Anda juga bisa membuat jalan setapak dengan batu untuk mempercantik taman.

Jika Anda ingin mendapatkan inspirasi yang lebih baik, jelajahi Internet atau konsultasikan dengan tukang kebun/lansekap setempat. Anda bisa melihat artikel seputar tips dan perawatan tanaman dan kebun di rumahartistik.com.

Penentuan konsep taman juga berpengaruh dalam pemilihan jenis media penempatan tanaman, termasuk penanaman langsung ke dalam tanah atau melalui media tanam pot. Jika Anda ingin menciptakan kesan luas pada taman dengan kontur lanskap, sebaiknya tanam langsung ke tanah. Tapi, jika Anda akan menerapkan konsep taman vertikal di lahan terbatas, pilihlah menanam dengan media tanam. Bisa juga tanaman tersebut digantung untuk menambah kesan luas.

Pilih Tanaman yang Tepat

membuat taman cantik

Pemilihan jenis tanaman perlu disesuaikan dengan konsep taman yang luas dan minimalis di depan rumah serta iklim di area hunian Anda. Anda perlu memperhatikan kebutuhan tanaman akan sinar matahari. Ada jenis tanaman yang terkena paparan sinar matahari langsung, dan ada juga yang tidak.

Umumnya, jenis tumbuhan dengan batang kayu relatif stabil dan membutuhkan lebih banyak sinar matahari untuk fotosintesis. Sedangkan jenis tanaman yang batangnya bukan kayu, biasanya hanya membutuhkan sedikit sinar matahari. Sebaiknya pilih tanaman yang berukuran kecil namun dapat menimbulkan kesan samar, seperti perdu atau pohon palem.

Jika ingin memilih tanaman yang agak besar, tempatkan sebagai pusat, misalnya jenis tanaman anthurium dengan kelompok berdaun lebar. Kemudian Anda bisa mempercantik dengan beberapa tanaman yang lebih kecil sebagai pelengkap, seperti jenis tanaman anggrek dan Adenium,

Kemudian, jangan lupa untuk menutupi ruang terbuka di taman minimalis di depan rumah dengan rumput. Anda bisa memilih jenis rumput jepang atau rumput golf karena kualitasnya yang sangat baik, sehingga lebih mudah untuk dirapikan dibandingkan jenis rumput lainnya.

Related Posts

Leave a Reply