Cara Setting APN XL

Cara Setting APN XL Agar Jaringan Ngebut

Di era sekarang ini, siapa sih yang tidak menggunakan android atau iOS sebagai alat elektronik kesayangan? Tidak hanya orang dewasa, bahkan saat ini android atau iOS juga digunakan oleh anak usia dini, bahkan pelajar.

Android atau iOS ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat diakses menggunakan jaringan internet. Dengan berselancar menggunakan internet, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas dunia maya dengan mudah.

Saat ini, kita dapat berkomunikasi secara cepat dan tepat hanya dengan menggunakan hp dan jaringan internet tanpa memerlukan waktu yang lama. Kita juga dapat menghubungi teman dan saudara dengan jarak yang jauh dengan berkirim foto maupun melakukan video call dengan mudah.

Selain itu, pada saat ini internet juga digunakan sebagai salah satu kebutuhan bagi para pekerja maupun mahasiswa, karena setiap waktu membutuhkan jaringan internet dalam berkomunikasi. Tak jarang, masyarakat banyak yang mengisi paket data seluler ketimbang mengisi pulsa.

Namun tetap saja, kembali pada fungsi dasar android yaitu sebagai alat berkomunikasi, alat ini membutuhkan kartu provider.

Salah satu kartu provider yang terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna pemuda adalah kartu XL. Tentunya, pengguna yang memiliki kartu XL sangat membutuhkan pengetahuan tentang jaringan internet pada provider ini.

Oleh karena itu, pastinya pengguna harus mengetahui cara mengatur APN (Access Point Name) ketika terjadi permasalahan pada jaringan internet. Sayangnya, banyak pengguna yang tidak mengetahui fungsi dan manfaat dari pengaturan APN ini.

Alasan mengapa sebagian besar masyarakat tidak mengetahui tentang APN ini adalah karena biasanya APN ini terdeteksi secara otomatis pada perangkat atau hp yang digunakan, sehingga tidak perlu membuat pengaturan tambahan.

Karena jika melakukan pengaturan tambahan dikhawatirkan akan merusak koneksi atau jaringan pada hp. Sehingga sebagian besar pengguna tidak melakukan perubahan pada pengaturan karena takut merusak sistem defaultnya.

Pengertian APN

APN merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antar jaringan komputer. APN ini digunakan untuk mendeteksi sebuah jaringan penghubung hp atau dari komputer ke internet. Dalam hal ini, APN adalah pengaturan pada hp yang menjembatani hubungan antara PDN (Packet Data Network) yang diinginkan oleh pengguna, seperti GSM, GPRS, 3G, H+, atau 4G. Pada awalnya, internet kita hanya sebatas GSM yang kemudian seiring berkembangnya waktu teknologi juga berkembang dengan kecepatan internetnya.

Sehingga kecepatan mengakses internet ini pun berkembang pada hp yang didesain dengan kecepatan tersebut. 4G merupakan jaringan yang memperoleh kecepatan paling tinggi diantara kecepatan yang lainnya.

APN memiliki informasi-informasi khusus seperti profil, username, password, dan informasi lain yang digunakan oleh operator untuk memberikan akses internet pada android atau iOS kita. Sehingga ketika sebuah hp akan menggunakan sambungan data seluler, maka harus melakukan konfigurasi APN dahulu.

Setelah diperiksa maka operator akan jenis koneksi yang harus dibuat. Dengan menggunakan APN, operator dapat memastikan perangkat dapat menentukan IP address yang benar dan cocok serta terhubung ke server gateway yang aman. Sehingga pengguna dapat menikmati internet seperti biasanya.

Struktur APN

APN ini terdiri dari dua struktur, diantaranya network identifier dan operator identifier. Network identifier memiliki fungsi untuk mendefinisikan jaringan eksternal dimana GGSN (Gateway GPRS Support Node) terhubung. Sedangkan operator identifier merupakan bagian yang dapat dipilih, berfungsi untuk mendefinisikan jaringan paket operator khusus yang terletak di GGSN. Pengguna dapat memilih diantara alternatif yaitu MCC (Mobile Network Code) atau kode negara dan MNC (Mobile Network Code) atau kode jaringan seluler yang dapat mengidentifikasi operator yang digunakan secara otomatis.

Fungsi APN

Pengaturan APN ini digunakan ketika terjadi masalah antara hp dengan jaringan internet yang digunakan. Hal ini mengakibatkan sebuah hp tidak dapat tersambung pada internet atau yang disebut error. Selain itu, pengaturan APN dilakukan ketika pengguna ingin melakukan perubahan seperti ingin bebas menggunakan operator apapun, ingin menghabiskan data seluler, pergi ke luar layanan karena ingin menghindari tarif roeming tambahan dan mempercepat jaringan internet.

Cara Setting APN XL

Cara Setting APN XL

APN bawaan pada provider XL terbilang sangat lambat jika digunakan untuk melakukan pencarian internet. Sehingga settingan APN XL ini dapat menjadi alternatif bagi pengguna untuk mempercepat koneksi 4G pada hp. Provider XL ini memiliki berbagai konfigurasi yang dapat dipilih untuk mempercepat dan menstabilkan jaringan internet, diantaranya :

  1. NAMA : XL alu dengan APN : www.xlalu.net
  2. NAMA : XL tinting dengan APN : www.xltinting.net
  3. NAMA : XL speed dengan APN : www.xlspeed.net
  4. NAMA : XL super dengan APN : www.xlsuper.net
  5. NAMA : XL 4G dengan APN : www.xl4g.net
  6. NAMA : XL Ghsdpa dengan APN : www.xlghsdpa.net
  7. NAMA : XL turbin dengan APN : www.xlturbin.net
  8. NAMA : XL Broadband dengan APN : Internet
  9. NAMA : XL speed dengan APN : www.xlspeed.co.id
  10. NAMA : XL play dengan APN : www.xlplay

Cara Setting APN XL di Android

Cara melakukan pengaturan APN pada android adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke pengaturan
  2. Klik menu koneksi lalu pilih jaringan seluler, pilih SIM 1 atau SIM 2 tempat kartu XL diletakkan
  3. Lalu klik Access Point Name (APN)
  4. Kemudian klik tombol “tambah” yang terletak di sudut kanan bagian atas
  5. Lalu isi detail APN, detail APN ini dapat diisi dengan rumus konfigurasi yang telah disebutkan di atas.

Setting APN XL di iPhone

Cara melakukan pengaturan APN pada iphone seperti di bawah ini :

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Klik pilihan cellular
  3. Klik Cellular Data Option
  4. Lalu masukkan salah satu konfigurasi atau rumus yang telah disebutkan di atas.

Setting APN XL Via Modem

Selain pada android dan iOS, setting APN XL juga dapat dilakukan pada modem. Konfigurasi diisi sebagai berikut:

  • Name APN : xlunlimited
  • APN akses : xlunlimited
  • User Name : kosongkan
  • Password : kosongkan
  • Proxy : kosongkan atau isi dengan proxy resmi dari XL (202.152.240.50)
  • Port : kosongkan atau isi dengan proxy resmi dari XL (8080)

Access Number : *99# (nomor akses ini pada umumnya digunakan oleh perangkat, sehingga hindari perubahan nomor akses yang tidak dikenal untuk menghindari kerusakan pada modem dan jaringan internet)

Setelah melakukan pengaturan APN tersebut, pengguna wajib melakukan searching, streaming, dan lain sebagainya untuk mengetahui kecepatan jaringan internet yang telah dirubah APN-nya.

Selain melakukan searching internet sendiri, pengguna dapat mendownload aplikasi speed test yang terdapat di Google Play Stode secara gratis.

Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengetahui tingkat kecepatan akses internet pada provider XL yang digunakan. Demikian merupakan cara setting APN pada provider Xl yang kami ambil dari situs teknologi windroid.id , semoga dapat memperbaiki permasalahan jaringan internet pada perangkat anda. Selamat mencoba!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *