melihat subscriber youtube

Cara Melihat Subscriber Youtube Kita

Di masa pandemi ini, tidak sedikit pekerja yang dikeluarkan dari perusahaannya dengan alasan untuk mengurangi pengeluaran perusahaan karena ekonomi perusahaan sedang menurun. Selain itu, tidak sedikit juga penjual yang menutup kiosnya dikarenakan sepinya pengunjung yang bisa berakibat kebangkrutan.

Karena hal itu, banyak pekerja maupun mahasiswa yang mencari penghasilan dari rumah guna untuk menghidupi keluarga ataupun hanya menambah uang jajan untuk para mahasiswa. Cukup banyak pekerjaan dari rumah atau yang lebih terkenal dengan nama work from home mulai dari jadi endorser, freelancer, bahkan yang sedang ramai dalam beberapa tahun terakhir ini yaitu youtuber.

Youtuber adalah pekerjaan yang sangat trend dalam beberapa tahun ini karena lingkungannya cukup luas mulai dari game, entertainment, komedi, olahraga, dan lainnya. Hampir semua aspek kehidupan ada di youtube. Misal kamu ingin memiliki badan yang ideal, kamu tinggal search “cara membuat tubuh ideal”, pasti langsung muncul ratusan hingga ribuan video.

Kesuksesan seorang youtuber biasanya dilihat dari jumlah subscribernya. Saat ini, Atta Halilintar adalah pemilik subscriber tertinggi di Indonesia dengan jumlah subscriber lebih dari 25 juta. Meskipun penghasilan dihitung dari jumlah view, namun tetap saja subscriber menjadi ‘gengsi’ tersendiri di kalangan youtuber. Lalu, bagaimana cara mengecek subscriber?

Melalui Youtube Studio

Cara Melihat Subscriber

Yang pertama, kita bisa mengecek subscriber dari Youtube Studio yang bisa diakses melalui PC. Jika kamu ingin menggunakan smartphone, maka kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu melalui Play Store untuk pengguna smartphone dan App Store untuk pengguna apple.

Langkah-langkahnya :

  • Buka situs youtube, kamu bisa membukanya dengan browser seperti Mozilla Firefox atau UC Browser ataupun browser lainnya dengan mengetik alamat https://www.youtube.com dan klik Enter.
  • Login ke akun Youtube kamu dengan cara memasukan Email dan passwordnya.
  • Langkah selanjutnya adalah akses youtube studio dengan cara men-klik pojok kanan atas (profil kamu) lalu klik tulisan “Youtube video”, kamu juga mengaksesnya dengan mengganti alamat https://www.youtube.com menjadi https://www.youtube.com/subscribers/.
  • Jika sudah masuk ke Youtube Studio, klik tulisan “Go to Channel Analytics” di bagian “Channel Analytics” di pojok kanan atas layar PC kamu.
  • Disitu terdapat keterangan data tentang Views (penonton), Watch time hours (total jam yang ditonton penonton), dan jumlah pelanggan atau yang kita sebut dengan Subscribers dalam 4 minggu terakhir.

Dan untuk kalian yang tidak ingin ada komentar negatif masuk di video kalian, silahkan baca cara menonaktifkan komentar di youtube yang ditulis oleh netgeek )

Melalui Website Social Blade

Website ini terbilang cukup unik. Biasanya kamu melihat jumlah subscriber kamu sendiri. Di website ini, selain bisa melihat subscriber sendiri, kamu juga bisa melihat subscriber orang lain lho. Langkah-langkahnya :

  • Buka website Social Blade, kamu dapat membukanya dengan mengetik alamat https://socialblade.com/ di alamat browser kamu.
  • Jika sudah masuk ke websitenya, ketik nickname Youtuber yang ingin kamu lihat jumlah subscribernya secara real time.
  • Selanjutnya, pada bagian Channel Suggestions, pilih akun Youtuber yang ingin kamu cari, lalu klik Select Channel

Selanjutnya, klik pada bagian Live Subscriber Count. Website tersebut akan menampilkan jumlah subscriber secara real time, jadi bisa bertambah ataupun berkurang setiap detiknya

Itulah 2 cara melihat subscriber. Sebenarnya ada 1 cara lagi, kamu tinggal mengetik nickname kamu di pencarian youtube, disitu akan muncul beberapa nickname yang berkaitan dan kamu tinggal cari nickname kamu lalu kamu dapat melihat subscribernya.

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *