fungsi dan cara kerja firewall

Cara Kerja Firewall

Cara Kerja Firewall – Jika Anda pernah melihat ikon bola dunia ditutup dengan tembok bata berwarna merah, itulah ikon Firewall. Sebagian dari Anda mungkin ada yang baru pernah mendengar Firewall.

Ada juga yang mengetahui Firewall hanya sebatas opsi pengaturan di komputer. Nyatanya, Firewall memiliki fungsi sangat penting bagi komputer.

Di sini, kami akan menjelaskan segala yang perlu Anda ketahui tentang Firewall. Mulai dari pengertian Firewall, fungsi-fungsi Firewall, hingga bagaimana cara kerja Firewall.

Dengan begitu, Anda tidak akan lagi menganggapnya tidak penting berada di komputer Anda.

Apa Itu Firewall?

Firewall merupakan sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang dapat melindungi server, menyaring, memonitor, mengkontrol, maupun menolak lalu lintas jaringan amasuk dan keluar berdasarkan aturan keamanan yang telah ditentukan.

Singkatnya, Firewall adalah perangkat lunak yang mampu mencegah akses tidak sah, baik kea tau dari jaringan pribadi.

Prinsip kerjanya dengan cara menyaring lalu lintas komputer menggunakan alamat IP, protokol, dan nomor port.

Dikutip dari situs informasi terbaru https://tisucoding.com, Firewall mampu menyaring data yang masuk maupun yang keluar dengan mengidentifikasi isi pesan yang masuk pada komputer Anda.

Firewall juga dapat mengatur lalu lintas atau perpindahan data komputer maupun internet hanya dengan menggunakan gabungan beberapa metode.

Apa Saja Fungsi Firewall?

apa saja fungsi firewall

Fungsi yang sudah jelas dari penggunaan software ini adalah fungsi keamanan. Namun demikian, sebetulnya fungsi Firewall bukan hanya itu.

Berikut ini beberapa fungsi Firewall lainnya:

  1. Memblokir pesan yang tidak diinginkan

Apakah Anda pernah mendapatkan pesan misterius berupa pop up yang menyebutkan, bahwa komputer Anda dalam bahaya?

Jika tidak segera menginstall software tertantu, maka komputer akan mati. Nah, pesan spam misterius seperti ini yang mampu diblokir oleh Firewall.

  1. Memblokir konten yang tidak diinginkan

Selain memblokir pesan spam atau pesan yang mengandung virus, Firewall juga dapat digunakan untuk memblokir konten dari alamat yang spesifik.

Artinya, Anda bisa memilih senditi konten mana saja yang tidak diperbolehkan untuk diakses melalui komputer Anda.

  1. Melindungi data dari hacker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Firewall berfungsi layaknya sekar antara data dengan akses di luar.

Karenanya, hacker dan pengguna asing tidak akan bisa mengakses data-data Anda, apabila Firewall pada komputer Anda terpasang dengan benar. Sehingga, data komputer Anda tidak mudah dicuri.

  1. Memonitor bandwidth

Firewall juga dapat digunakan untuk memonitor, bahkan membatasi bandwidth. Anda bisa menerapkan batasan-batasan untuk berbagai macam konten, seperti hiburan, musik, video, gambar, dan sebagainya untuk kemudian diprioritaskan pada konten-konten yang lebih penting untuk urusan profesional.

  1. Mengakses layanan VPN

Firewall juga bisa digunakan untuk koneksi VPN. Lewat layanan ini, Anda bisa mengakses konten atau website yang diblokir oleh pihak-pihak tertentu. Hal ini sangat mungkin untuk lebih meningkatkan produktivitas dan data sharing  Anda.

Baca Juga: Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Cara Kerja Firewall

manfaat firewall pada jaringan

Firewall mampu menggunakan lebih dari satu metode untuk mengkontrol lalu lintas keluar masuknya. Pertama, penyaringan paket (potongan kecil data).

Paket yang lolos filter akan dikirim ke sistem yang diminta, sementara yang lainnya dihapu.

Kedua, layanan proxy, yaitu informasi yang masuk dari internet diambil terlabih dahulu oleh Firewall. Kemudian, dikirim ke sistem yang diminta.

Ketiga, inspeksi stateful yang merupakan metode baru. Metode ini tidak memeriksa konten pada setiap paket yang diterima, namun membandingkannya dengan bagian-bagian kunci tertentu dengan database terpercaya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *