Anggrek Monyet

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Anggrek Monyet dan Cara Menanamnya

Anggrek monyet merupakan salah satu bunga yang unik dan banyak diincar oleh para penggemar bunga. Daya tarik anggrek monyet datang dari penampilan fisik anggrek monyet yang mirip sekali dengan wajah binatang tersebut. Seolah-olah, memang anggrek tersebut merupakan perwujudan dari seekor monyet atau spesies sejenisnya.

Walaupun terlihat tidak nyata, secara ilmiah anggrek monyet memang benar ada. Anggrek tersebut menyerupai seekor monyet karena 2 bagian bunganya menjuntai ke bawah. Persis seperti taring drakula. Warna bunganya cukup cerah sesuai dari habitat aslinya.

Bagi Anda yang gemar mengoleksi bunga, tentu memiliki bunga anggrek monyet adalah sebuah pencapaian. Jika Anda tertarik untuk merawat anggrek monyet termasuk cara mendapatkannya, Anda dapat mengetahui hal penting tentang anggrek monyet melalui penjelasan di bawah ini.

Anggrek Monyet

Nama Latin Anggrek Monyet Bernama Dracula Simia

Bukan tanpa alasan anggrek monyet dinamakan Dracula Simia. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bentuk kelopak bunga anggrek monyet mirip dengan taring yang menjuntai. Selain itu, kata Simia berasal dari bahasa Latin yang berarti monyet.

Nama latin ini diberikan oleh ahli Botani bernama Luer pada tanaman yang juga dijuluki sebagai Monkey Orchid di tahun 1978. Habitat tempat tinggal anggrek monyet berada di ketinggian 1.000 – 2.000 meter. Untuk suhu idealnya, anggrek monyet dapat bertahan di suhu 27 derajat Celcius dan kelembapan yang berkisar diantara 85%.

Berasal dari Amerika Latin

Anggrek monyet ditemui paling sering di sekitar Amerika Latin, atau secara daerah di bagian Amerika Selatan. Negara seperti Kolombia, Peru, dan Ekuador merupakan tempat tinggal asli anggrek monyet karena memenuhi kriteria habitat anggrek monyet. Terletak di ketinggian 1.000 – 2.000 meter dari permukaan laut, anggrek monyet berkembang dengan subur.

Beberapa negara Eropa, Asia Barat, dan Asia Timur juga memiliki anggrek monyet. Masyarakat disana kerap menyebutnya sebagai Orchis Simia dan Calanthe Tricarinata. Walau begitu, tempat anggrek monyet yang asli berasal dari Amerika Selatan. Jenis lain di Eropa dan Asia memang sama, namun tidak menyerupai anggrek monyet yang tumbuh di Amerika Selatan.

Tergolong Bunga yang Langka

Disebabkan habitatnya yang terbatas, budidaya anggrek monyet termasuk pembudidayaan tanaman yang langka.

Sebagian ada yang berhasil merawat di dataran rendah, namun kualitas bunganya tidak sama dengan habitat asli. Sehingga, gelar tanaman langka disematkan kepada anggrek monyet.

Selain habitatnya yang terbatas, penanaman dan perawatan anggrek monyet membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Hal tersebut dikarenakan Anda harus menyesuaikan tempat Anda sesuai dengan tempat tinggal anggrek monyet.

Contohnya, mengatur suhu dan kelembapan tempat. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan anggrek monyet yang merekah dan betah dipandang.

Aroma Bunganya Seperti Jeruk Segar

Apakah diantara Anda ada yang berpikir kalau anggrek monyet tidak berbau? Atau justru, Anda menganggap aroma pisang akan keluar dari anggrek monyet karena bentuk anggreknya sendiri seperti seekor monyet?

Diantara keduanya, tidak ada yang benar karena anggrek monyet memilik aroma bunga seperti jeruk yang baru dikupas.

Aromanya tidak begitu semerbak, namun segarnya terasa jika Anda sedikit mendekat ke anggrek monyet. Aroma tersebut memang aroma alamiah yang diproduksi dari bunga anggrek monyet.

Wajar saja jika banyak orang berlomba-lomba merawat anggrek monyet. Selain unik, aromanya dapat membuat Anda rileks

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tanaman Anggrek Cattleya

Mendapatkan Bibit Anggrek Monyet

Pada umumnya, Anda bisa mendapatkan bibit anggrek monyet di toko bunga atau toko tanaman. Anda juga bisa bertanya pada teman Anda jika mereka memiliki teman yang merupakan pembudidaya bunga.

Biasanya, mereka yang membudidayakan bunga atau anggrek menjual bibit anggrek monyet yang terpercaya. Anda bahkan bisa mendapatkan tips dalam menanamnya.

Jika memang tidak ada, Anda bisa mendapatkan bibit anggrek monyet di beberapa online marketplace. Cukup ketik bibit anggrek monyet, dan Anda dapat memilih bibit mana yang Anda perlukan. Tentunya, Anda juga harus melihat ulasannya untuk memastikan jika bibit anggrek tersebut merupakan bibit anggrek yang terbukti asli.

Cara Menanam Anggrek Monyet

Dalam menanam anggrek monyet, Anda bisa memulai untuk menentukan tempat yang cukup bagi anggrek monyet.

Sediakan tanah yang sedikit basah dan pupuk yang bernutrisi. Jika Anda belum begitu mengetahui cara menanam anggrek monyet dengan baik, Anda bisa bertanya pada penjualnya terkait cara menanam anggrek monyet.

Pada dasarnya menanam anggrek monyet sama seperti menanam anggrek biasa. Hanya saja, Anda harus memperhatikan kelembapan dan suhu yang dibutuhkan anggrek monyet. Jangan biarkan bibit ditanam di tempat yang terlalu panas, karena hal tersebut akan menghambat pertanaman anggrek monyet.

Tips Merawat Anggrek Monyet

Kunci terbesar dalam kesuksesan merawat anggrek monyet terletak di suhu ruangan. Gunakan media yang dapat melembapkan ruangan seperti humidifier yang dikhususkan untuk tanaman. Atur juga suhu untuk tetap di angka maksimal 27 derajat Celcius.

Pasalnya, suhu merupakan faktor yang sangat vital dalam pertanaman anggrek monyet. Jika sekali saja Anda mengabaikan, maka pertanaman anggrek monyet akan berhenti. Sehingga, penjagaan suhu dan kelembapan harus diperhatikan dengan saksama.

Setelah mengetahui informasi penting tentang anggrek monyet, Anda dapat memulai untuk mempersiapkan tempat menanam yang sesuai. Tentukan juga berapa banyak tanaman anggrek monyet yang akan Anda tanam.

Anda juga bisa bertanya pada orang yang telah memelihara anggrek monyet untuk mengetahui seluk beluk anggrek monyet lebih dalam.

Mereka yang berpengalaman akan melengkapi pemahaman Anda tentang anggrek monyet. Semoga artikel tentang anggrek monyet dan cara menanamnya ini dapat membantu Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *