Anggrek Kebutan

Mudahnya Merawat Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan atau bisa juga disebut dengan Ascocentrum Miniatum ialah jenis anggrek yang langka dan termasuk spesies anggrek yang dilindungi di Indonesia. Anggrek jenis ini memiliki karakter pertumbuhan yang monopodial (1 batang tumbuh terus-menerus) dan termasuk bunga anggrek yang mudah untuk dibudidayakan.

Seperti halnya jenis anggrek yang lainnya, anggrek jenis Kebutan juga termasuk bunga yang harum pada saat mekar. Selain itu, meskipun bunga anggrek jenis ini dikategorikan sebagai tumbuhan monopodial, akan tetapi setelah bunga ini memiliki batang yang panjang, maka ruas-ruas batang juga akan tumbuh dan siap menjadi rumpun baru.

Ruas-ruas batang yang berbentuk anak-anakan baru ini akan membentuk koloni baru dengan jumlah yang dapat mencapai 5 hingga 10 batang. Hal ini juga termasuk ciri khas dari bunga Anggrek Ascocentrum Miniatum.

Seperti beberapa jenis bunga anggrek lainnya, bunga Ascocentrum Miniatum juga memiliki sifat epifit yang berarti menempel di pohon sebagai tanaman pelindung namun tidak mengambil makanan dari pohon yang ditempelinya itu.

Dengan sifat atau karakter tersebut, maka bisa dikatakan bunga anggrek jenis ini habitat dan penyebarannya dapat ditebak dengan sangat mudah, yakni di lingkungan yang memiliki hawa panas dan berada di hutan terbuka. Biasanya, bunga anggrek yang satu ini banyak tumbuh di hutan jati, pohon asam, hutan pohon sambi, dan beberapa daerah perkebunan.

Cara budidaya Anggrek Kebutan

Jenis Anggrek dengan nama lain Ascocentrum Miniatum ini ditemukan di Assam, Laos, Thailand, Vietnam, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatera. Namun, spesies anggrek yang satu ini dilindungi di Indonesia.

Ada fakta unik mengenai penanaman bunga anggrek jenis ini pada media kayu hidup Ascocentrum, yaitu bunga ini akan mengalami pertumbuhan yang cenderung sempurna dan cepat berbunga sehingga media ini lebih banyak dipilih.

Anggrek Kebutan

Namun, bagi seseorang yang ingin menanam anggrek jenis ini tapi tidak mempunyai pekarangan yang luas, kamu bisa menanamnya di media pot. Pemilihan media pot yang benar akan memberikan kelebihan tersendiri, yaitu ketika bunga anggrek ini berbunga, akan terlihat menyala karena kumpulan bunganya yang rimbun.

Selain itu, pemilihan media pot untuk digunakan menanam bunga Anggrek Ascocentrum Miniatum akan membuatnya enak untuk dipandang. Jadi, penanaman bunga Anggrek ini pada media pot bisa menjadi alternatif terapi yang sangat tepat untuk melepaskan kejenuhan pada pikiranmu.

Namun, perlu kamu ketahui juga bahwa pola tumbuh akan berbeda saat bunga anggrek ini ditanam di sebuah pot yang terbuat dari bahan-bahan yang berbeda, dan sebagian besar dari beberapa bahan tidak dapat menyimpan kelebihan air terlalu lama.

Selain penanaman pada media pot, kamu juga bisa menanam anggrek jenis ini pada tembok-tembok rumahmu dengan cara menempelkannya atau melekatkannya menggunakan straples. Dengan menggunakan cara ini, kamu juga bisa menerapkannya untuk menempelkan di sebuah pohon atau batang kayu.

Untuk dari segi metode perawatannya sendiri, kamu cukup melakukan pemupukan dan penyiraman secara konsisten dan rutin.

Baca Juga: Fakta Unik Anggrek Bibir Berbulu

Tips Merawat Anggrek Kebutan / Ascocentrum Miniatum

Meskipun merawat bunga anggrek yang berwarna orange ini tidaklah susah untuk dilakukan, tapi kamu tetap perlu memperhatikan beberapa tips yang dianjurkan untuk kamu lakukan ketika merawat bunga Anggrek Ascocentrum Miniatum.

Beberapa tips yang akan kita jelaskan secara satu per satu ini tidaklah susah untuk kamu ikuti, jadi kamu tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips untuk merawat bunga anggrek jenis Kebutan:

  • Letakkan bunga anggrek di tempat yang cukup terkena sinar matahari

Tips paling utama yang harus kamu perhatikan ketika merawat bunga anggrek yang termasuk langka ini adalah meletakkannya di suatu tempat yang cukup terkena sinar matahari. Pasalnya, semua tanaman atau pun tumbuhan sudah pasti membutuhkan pancaran sinar matahari untuk proses perkembangannya. Namun untuk perawatan bunga anggrek ini, sebaiknya hindari penempatan di sebuah tempat yang membuatnya terkena sinar matahari secara langsung. Sebab, bunga Anggrek Ascocentrum Miniatum dipercaya lebih menyukai suhu udara yang lembab.

  • Gunakan media tanam yang cocok untuk bunga anggrek

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan media tanam yang kamu gunakan untuk merawat bunga anggrek jenis ini. Pastikan media tanam yang kamu gunakan cocok dengan bunga anggrek. Selain itu, kamu juga perlu meletakkan tanaman anggrek pada ketinggian yang lebih dari 1 meter, karena bunga anggrek jenis ini menyukai ketinggian.

  • Perhatikan sirkulasi dan suhu udara di sekitarnya dengan baik

Selain meletakkan di lokasi dan media tanam yang benar, kamu juga perlu memperhatikan sirkulasi dan suhu udara di sekitar bunga anggrekmu itu. Pastikan lokasi yang kamu pilih itu memiliki suhu udara yang lembab dan sirkulasi udara yang lancar atau tidak ada hambatan sama sekali.

  • Berikan pupuk secara rutin

Kamu tidak boleh meremehkan metode pemberian pupuk yang rutin pada tanaman anggrek jenis ini. Sebab, metode ini dapat mencegah tanaman anggrek ini terkena hama sehingga bunga anggrek akan tumbuh dengan subur dan juga cepat berbunga.

  • Lakukan penyiraman secara rutin

Selain pemupukan, kamu juga perlu melakukan penyiraman secara rutin. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan ukuran air yang kamu gunakan untuk menyiraminya. Usahakan jangan terlalu banyak agar tidak cepat busuk.

Itu dia informasi lengkap mengenai cara budidaya dan tips merawat Anggrek Kebutan. Tidak susah untuk dipahami dan dilakukan, sehingga semua orang pasti akan bisa melakukannya. Yang terpenting, kamu harus memiliki ketelatenan yang maksimal untuk merawat bunga anggrek jenis ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *