Anggrek Cattleya

Mengenal Lebih Jauh Tanaman Anggrek Cattleya

Keindahan yang dimiliki Anggrek Cattleya membuat tanaman ini mendapatkan julukan sebagai The Queen of Orchid.

Tanaman anggrek yang ukuran bunganya yang lebih besar dari jenis anggrek yang lain ini terdiri atas kelopak atau petal, sepal, colum dan labellum.

Tanaman anggrek ini termasuk ke dalam tipe simodial karena mempunyai ciri-ciri seperti tidak mempunyai batang utama, bunga yang keluar dari ujung batang serta saat pertumbuhan tunas baru tanaman ini akan berbunga. Sama seperti tanaman anggrek yang lain, Anggrek Cattleya termasuk ke dalam tumbuhan epifit.

Anggrek Cattleya dapat tumbuh dengan akarnya yang menempel pada tanaman lain. Akar dari anggrek yang satu ini mempunyai daya lekat yang cukup kuat dan memiliki bentuk silindris serta ujung yang runcing.

Akar tanaman Anggrek Cattleya mempunyai ciri khas yang membuat anggrek ini berbeda dari jenis akar tumbuhan lain, yaitu terletak pada warna putih keperakan di bagian luar serta ujungnya yang berwarna hijau.

Cara Menanam Tanaman Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya
  • Siapkan pot dengan ukuran kecil sebanyak jumlah anggrek yang ingin ditanam.
  • Siapkan bibit, bisa dengan membeli ke toko pertanian maupun hasil dari penyemaian. Untuk penyemaian, biasanya orang menggunakan proses kloning.
  • Masukkan tanah yang dicampur dengan pupuk ke dalam pot hingga memenuhi setengah bagian pot.
  • Kemudian tanamlah bibit Anggrek Cattleya yang posisi tanaman serta akarnya berpola membentuk huruf L.
  • Masukkan lagi tanah hingga memadati pot yang gunanya agar anggrek dapat berdiri dengan tegak.
  • Setelah selesai menanamnya, tempatkan tanaman anggrek di tempat yang tinggi dan teduh. Seperti di atas pohon yang memiliki ukuran besar dan rindang, contohnya pohon rambutan dan mangga.
  • Pindahkan anggrek ke media lain ketika tinggi batangnya sudah mencapai lebih dari 7 cm dan akar anggreknya sudah memenuhi pot.

Untuk mendapatkan anggrek yang bagus dan subur, semprotkan puput organik yang sudah lebih dulu dilarutkan dengan air.

Penggunaan pupuk organik dapat membuat tanaman lebih subur serta bagus dalam menjaga keindahan bunga anggrek.

Semprotkan pestisida atau obat tanaman lain agar kesehatan bunga anggrek tetap terjaga, namun jangan terlalu sering.

Manfaat Bunga Anggrek

Kualitas estetik yang dimiliki bunga anggrek memang sudah tidak diragukan lagi, sehingga sering digunakan sebagai barang untuk dekorasi rumah, kantor dan tempat umum.

Tanaman anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang daerah persebarannya cukup luas serta memiliki warna dan spesies yang banyak.

Selain dapat dijadikan sebagai hiasan rumah, terdapat beberapa manfaat yang bisa didapat dari tanaman anggrek bagi kehidupan manusia. Berikut penjelasannya dilansir Popmama, yaitu:

Berkhasiat sebagai obat alami

Banyak yang tidak tahu bahwa ternyata tanaman anggrek bisa digunakan sebagai obat penyembuhan penyakit secara alami. Zat anti bakteri dan fitokimia yang terkandung dalam anggrek dipercaya dapat membantu dalam mengobati penyakit tertentu.

Bapak Pengobatan Tiongkok dari Cina yaitu Kaisar Shen Nung, dilansir Justaddiceorchids dalam tulisan medisnya pada abad ke-28, mengatakan bahwa spesies dendrobium dan bletilla striata dapat digunakan sebagai pengobatan berbentuk teh obat.

Spesies dendrobium yang kering juga diyakini dapat membantu mengobati penyakit kanker, menguatkan sistem imun serta menajamkan indra penglihatan.

Dapat dijadikan sebagai bahan makanan

Di beberapa negara, anggrek bisa digunakan sebagai bahan makanan selain sebagai obat penyembuhan alami. Biasanya anggrek diolah menjadi camilan atau bumbu masakan, seperti di negara Thailand dan Singapura. Jenis anggrek yang digunakan adalah anggrek terestial orchis mascula.

Di beberapa negara lain, jenis anggrek tertentu juga digunakan sebagai bahan suplemen makanan. Di Malaysia, ada spesies yang dijual sebagai sayuran yaitu spesies daun Anoectochilus serta Dendrobim Salaccense yang dimanfaatkan sebagai bahan bumbu untuk masakan.

Baca Juga: Cara Penanaman dan Perawatan Bunga Anggrek Bulan

Digunakan untuk komposisi produk kecantikan

Beberapa ekstrak bunga anggrek mempunyai kandungan, yaitu sifat inflamasi, antioksidan serta antimikroba. Selain itu, bunga anggrek juga dapat digunakan sebagai bahan kecantikan. Kandungan yang terdapat dalam anggrek seperti kalsium, seng dan magnesium dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit manusia.

Minyak anggrek juga dapat digunakan untuk melembabkan kulit, meningkatkan kekebalan kulit, mengurangi tanda penuaan seperti garis-garis halus hingga dapat menenangkan kulit. Oleh sebab itu, bunga anggrek sering dijadikan sebagai salah satu komposisi produk-produk kecantikan.

Sebagai hiasan untuk memperindah ruangan

Bunga anggrek merupakan salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai hiasan rumah atau kantor. Dilansir Orchidrepublic, tanaman anggrek khususnya jenis dendrobium, bermanfaat dalam meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan menghilangkan zat jahat seperti xylene dan pelarut kimiawi lain.

Bunga dengan warna-warni yang cantik membuat tanaman satu ini sangat cocok dijadikan hiasan ruangan. Bagi siapa saja yang melihat tanaman anggrek sudah pasti akan merasakan ketenangan dan dapat menghilangkan rasa jenuh dan stres.

Dapat dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan

Apabila suatu ruangan terdapat tanaman hias yang mempunyai wangi menyegarkan dan menenangkan tentunya akan membuat siapapun betah berlama-lama di ruangan tersebut. Banyak produsen besar memanfaatkan bunga anggrek sebagai pengharum ruangan atau penyegar udara karena aromanya yang harum.

Franciscoaragon menjelaskan, bunga anggrek memiliki wangi yang elegan, sugestif serta orisinal karena aromanya yang sangat segar.

Anggrek kelip merupakan salah satu jenis anggrek yang memiliki aroma harum. Aroma dari tanaman anggrek dipercaya oleh orang tiongkok sebagai simbol kemewahan dan keindahan.

Demikianlah artikel mengenai Anggrek Cattleya, dimulai dari karakteristik, cara menanamnya hingga manfaat dari bunga anggrek sendiri bagi kehidupan manusia. Pastikan untuk rutin merawat seperti menyiram dan memberi pupuk tanaman anggrek agar keindahannya tetap terjaga.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *