Anggrek Bibir Berbulu

Fakta Unik Anggrek Bibir Berbulu

Nama lain dari Anggrek Bibir Berbulu adalah Coelogyne Speciosa. Salah satu jenis anggrek yang berasal dari Indonesia ini terkenal dengan kecantikannya.

Namun, meskipun bunga anggrek yang satu ini berasal dari Indonesia, tidak membuatnya menjadi dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, justru ketenarannya bisa dibilang masih kalah dari Anggrek Hitam (Coelogyne Pandurata).

Anggrek dengan jenis Bibir Berbulu dipercaya menjadi salah satu bukti eksotisme dari anggrek-anggrek jenis lainnya yang asli Indonesia. Maka dari itu, sangat disayangkan anggrek jenis ini masih belum dikenal oleh banyak orang.

Alasan mengapa bunga anggrek yang satu ini dinamakan Bibir Berbulu adalah karena bunga ini memiliki bibir atau nama lainnya labellum yang menjadi ciri khasnya tersendiri dan di bagian bibirnya tersebut ditumbuhi bulu. Jadi, bisa dibilang bentuk anggrek yang satu ini sesuai dengan namanya.

Mengupas fakta tentang Anggrek Bibir Berbulu

Anggrek jenis Bibir Berbulu (Coelogyne Speciosa) merupakan anggrek epifit yang berarti hidup menempel di sebuah batang atau pada dahan pohon berukuran besar.

Batang anggrek jenis ini membentuk umbi semu (pseudobulb) yang berbentuk bulat seperti telur dengan ukuran panjang sekitar 6 cm dan diameter 2 cm.

Batang anggrek yang membentuk umbi semu ini bersifat gerombolan dan memiliki setidaknya 1 atau 2 helai daun dan daunnya sendiri memanjang dengan ujung yang runcing.

Anggrek Bibir Berbulu

Tangkai bunga anggrek yang satu ini berbentuk zig-zag dengan daun pelindung. Selain itu, bibir atau labellum bunga ini juga unik, berukuran besar, bertaju, tidak rata, dan berbulu sehingga bibir dari bunga ini bisa dibilang sebagai ciri khasnya tersendiri.

Anggrek Coelogyne Speciosa tumbuh secara alami di hutan hujan tropis dari sebuah dataran rendah hingga dataran tinggi.

Bunga jenis ini memiliki warna dasar labellum yang beragam dari mulai hijau muda hingga putih dengan warna coklat pada bagian tengahnya dan putih di bagian ujungnya.

Untuk daerah penyebaran bunga ini sendiri terbilang cukup luas seperti Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga kepulauan Nusa Tenggara. Dan di Indonesia sendiri, bunga Anggrek Coelogyne Speciosa ini dikenal dengan 3 subspesies, yakni:

  • Coelogyne Speciosa Subsp. Fimbriata, subspesies yang satu ini ditemukan hidup di pulau Sumatera.
  • Coelogyne Speciosa Subsp. Incarnata, subspesies yang satu ini ditemukan hidup di pulau Sumatera dan Jawa.
  • Coelogyne Speciosa Subsp. Speciosa, subspesies yang satu ini ditemukan hidup di pulau Jawa sampai daerah Flores (Nusa Tenggara).

Anggrek jenis ini masih belum terdaftar dalam status konservasi IUCN Red List karena anggrek dengan keindahan yang maksimal dari tampilannya ini diduga sebagian besar masih hidup di alam liar.

Namun, meskipun belum terdaftar pada konservasi IUCN Red List, anggrek ini sudah terdaftar sebagai spesies Appendix II CITES. Selain itu, Anggrek dari jenis ini tidak termasuk dalam anggrek yang dilindungi.

Karena anggrek jenis Bibir Berbulu masih belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dan tidak termasuk jenis anggrek yang harus dilindungi, sangat dikhawatirkan bunga anggrek jenis ini akan terancam punah, apalagi negara Indonesia telah mengalami banyak kehilangan pada alam anggrek yang hanya dikarenakan kurangnya pengetahuan mengenai jenis-jenis anggrek yang ada pada masyarakatnya sendiri.

Selain itu, terdapat faktor lainnya yang juga bisa mengakibatkan kita kehilangan bunga anggrek jenis yang satu ini, yaitu terlalu mengagung-agungkan kecantikan spesies anggrek tertentu dan mengabaikan perlindungan pada spesies lainnya. Hal ini dipercaya bukan upaya atau usaha konservasi yang benar.

Ketika kamu melihat kecantikan dan keindahan yang dimiliki Anggrek Coelogyne Speciosa, dijamin kamu akan semakin peduli untuk mengenal dan menjaga kekayaan alam di negeri yang kita tinggali ini.

Sebab, tidak ada satu pun jenis Anggrek Indonesia yang tidak memiliki kecantikan yang patut dibanggakan sehingga semua jenis anggrek di Indonesia patut untuk dilindungi tanpa harus membeda-bedakan status kelangkaannya atau pun ciri khas yang dimilikinya.

Bahkan, jika bunga anggrek dengan jenis ini selalu dilindungi dan akan selalu mengalami peningkatan pada ketenarannya, maka Indonesia bisa menjadi negara yang terkenal dengan keindahan anggrek yang dimilikinya, sehingga negara Indonesia juga akan menjadi dikenal oleh masyarakat negara lain, terutama para pecinta bunga anggrek.

Baca Juga: Anggrek Hitam, Bunga Kebanggaan Indonesia yang Eksotis

Kisaran harga Anggrek Coelogyne Speciosa

Untuk harga dari Anggrek Coelogyne Speciosa sendiri bisa dibilang relatif murah, apalagi jika melihat keindahannya yang sangat terpancar.

Meskipun untuk saat ini masih belum banyak orang yang tahu mengenai adanya bunga anggrek sejenis ini, tapi sangat diharapkan ke depannya akan banyak orang yang mengenal Anggrek Coelogyne Speciosa dan memilih untuk merawatnya.

Jenis anggrek yang satu dibanderol harga di kisaran puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Harga ini akan tergantung dari kualitas bunga yang dijualnya dan tergantung kebijakan masing-masing toko sehingga bisa dibilang di setiap toko harga akan berbeda-beda.

Saat ini kamu juga bisa membeli bunga ini secara online seperti pada marketplace tertentu, jadi lebih menghemat waktu bukan?

Semakin kita mengenal bunga Anggrek Bibir Berbulu, semakin kita penasaran dengan wujud aslinya ya? Kamu boleh saja mencoba mencari tahu wujud asli bunga ini, tapi perlu diingat kamu tidak boleh merusak bunga anggrek yang satu ini seperti misalnya memegangnya dengan terlalu kencang hingga menyebabkan bunga ini rusak.

Sebab, jika terlalu banyak orang yang tidak melindungi bunga anggrek jenis yang satu ini, maka kamu tidak akan bisa melihat bunga Anggrek Coelogyne Speciosa lagi di masa depan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *